Thursday 12 September 2019

Jadi Akil Kurikulum Rahmatal Lil Alamin Untuk Madrasah


Kita tahu bahwa islam di Indonesia itu beragam, alasannya itu tahun 2016 ini Ditjen Pendidikan Islam akan meluncurkan kurikulum rahmatal lil alaminbaik pada pendidikan formal (madrasah dan perguruan tinggi tinggi Islam) serta pendidikan non formal (diniyah dan pondok pesantren).

Pendidikan Agama Islam di sekolah umum (SD, Sekolah Menengah Pertama & SMA/SMK), madrasah formal (MI, MTs, MA), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) hingga pendidikan non formal (pondok pesantren dan madrasah diniyah) akan memakai kurikulum yang toleran dan tentunya buku-bukunya yang mengajarkan kedamaian dan moderatisme.

Dengan perubahan kurikulum tersebut diperlukan ada proses pembelajaran dan pemahaman Islam yang lebih baik serta tidak mengarah pada radikalisme dan ekstrimisme apalagi berujung pada agresi terorisme.

Terkait dengan kesiapan forum dengan pemberlakuan kurikulum ini, para guru sedang melaksanakan pembinaan dan akan dilakukan uji coba ke beberapa madrasah. Makara kita tunggu saja perkembangannya ibarat apa sih kurikulum rahmatan lil alamin ini?

No comments:

Post a Comment