Thursday 12 September 2019

Jadi Cendekia Promes Prota Ktsp Sd Mi Mapel Umum Dan Pai


Seperti sebelumnya saya bagikan file download kegiatan tahunan (prota) dan kegiatan semester (promes) semua mata pelajaran untuk madrasah aliyah.

Kali ini saya juga ingin membagikan file download prota dan promes mapel umum kelas 4-6 dan PAI kelas 3-6 untuk SD dan MI. Bhs Indonesia, bhs inggris, ipa, ips, matematika, penjas, pkn, sbk, dan tematik kelas 1.

Cara Menyusun kegiatan tahunan (prota)


  1. menuliskan urutan jaring tema menyerupai pada pemetaan mapel selama satu tahun,
  2. mencantumkan waktu yang dialokasikan untuk setiap jaring tema pada satu tahun,
  3. menentukan alokasi jam pelajaran yang diharapkan setiap kelompok KD/ tema menurut cakupan dan kedalaman KD yang akan dicapai maksimal 31 jam per ahad untuk kelas 1 dan 2 serta 33 jam untuk kelas 3 (sesuai hukum pada standar isi)Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 ahad dan tidak lebih dari 38 minggu. Pada lampiran ini dicontohkan 17 ahad efektif pada 1 semester.

Cara Menyusun kegiatan semester (promes)


  1. merinci alokasi waktu untuk tiap kelompok KD menyerupai pada prota ditambahkan waktu ulangan yang direncanakan,
  2. menambahkan rincian bulan dan ahad dalam 1 semester dengan pendistribusian jam pelajaran efektif tiap ahad yang dipakai untuk mencapai tiap KD. Urutan penyajian KD diubahsuaikan dengan pemetaan yang telah dilakukan. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada jaring tema dituliskan pada prosem.

mapel PAI
mapel umum

Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment