Monday 11 February 2019

Jadi Arif Juknis Dan Panduan Atau Anutan Acara Ekstrakurikuler Sd Mi Terbaru


Juknis dan Panduan atau Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler SD MI Terbaru. Ekstrakurikuler ialah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan akseptor didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah / madrasah (Depdiknas, 2006:13). Kegiatan kurikuler merupakan wahana untuk menyebarkan kompetensi akseptor didik yang bertujuan menawarkan kesempatan untuk menyebarkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses yang sistematis dan sadar dalam membudayakan akseptor didik biar mempunyai kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. kegiatan ekstrakurikuler menawarkan ruang yang sempurna kepada akseptor didik untuk mempraktikkan secara eksklusif ( learning by doing) banyak sekali acara yang sanggup diarahkan pada upaya pembentukan huruf tertentu.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur training kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan biar siswa sanggup memperkaya dan memperluas diri. Memperluas diri ini sanggup dilakukan dengan memperluas wawasan pengetahuan dan mendorong training perilaku dan nilai-nilai.

Maka sudah selayaknya kalau disusun dan dikembangkan panduan teknis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar, sehingga menawarkan fasilitas bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler khususnya di sekolah dasar. Supaya kegiatan ekstrakurikuler bukan menjadi komplemen semata dalam proses pendidikan secara menyeluruh di sekolah. Sekolah perlu menyusun rencana, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan, dan tindak lanjut biar ekstrakurikuler tidak hanya sekedar pengisi waktu luang siswa akan tetapi merupakan sarana yang penting dalam mengembangan potensi akseptor didik.

Panduan teknis pengembangan kegiatan ekstrakuriler di sekolah dasar bertujuan untuk:
  1. Memberikan pola operasional dalam menyebarkan acara kegiatan ekstrakurikuler khususnnya di sekolah dasar.
  2. Memberikan pola operasional dalam pelaksanaan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  3. Memberikan pola operasional dalam training berkelanjutan dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  4. Sebagai pola kepada satuan pendidikan dalam menyelenggarakan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan biar pelaksanaannya sanggup menjadi efektif.

Oke cukup demikian saja dari wacana Juknis dan Panduan atau Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler SD MI Terbaru ini yang bisa di unduh pada link di bawah ini dan semoga manfaat...

Juknis dan Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler SD MI Terbaru

Referensi: http://www.gurusd.net

No comments:

Post a Comment