Sunday 24 February 2019

Jadi Berilmu Pola Format Catatan Harian Dalam Evaluasi Paud Tk Ra Kurikulum 2013


Catatan harian ibarat dengan catatan anekdot, tetapi lebih panjang. Pengamat secara obyektif menuliskan segala sesuatu secara naratif. Catatan harian mencatat segala hal yang dilakukan dan diucapkan anak pada ketika anak bermain dalam rentang waktu tertentu (misalnya 15 menit atau 30 menit). Catatan harian secara khusus sanggup membantu guru dalam menganalisa perkembangan keterampilan sosial atau duduk masalah perilaku. Catatan harian juga sanggup difokuskan pada area tertentu contohnya bagaimana seorang anak mencar ilmu menulis / membaca.

Perhatikan bahwa catatan harian Berupa catatan ihwal apa yang kita lihat atau dengar bukan perkiraan atau interpretasi, Obyektif dan Akurat antara lain (perkataan, gerakan tubuh, mulut wajah, hasil yang dibentuk anak). Dan hindari penggunaan kata yang subyektif dan ambigu (ketidakjelasan makna / bermakna ganda), Selalu tuliskan waktu dan kawasan bencana berlangsung, Lakukan secara bergiliran pada bawah umur tertentu berdasarkan kesanggupan guru.

Ciri-ciri evaluasi yang baik


  1. Mengandung pemahaman yang penting ihwal perkembangan anak
  2. Terhubungkan dengan kurikulum
  3. Sesuai dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diukur
  4. Menghargai keberagaman dari kemampuan anak.
  5. Tidak menghabiskan waktu

File lengkapnya bisa anda download pada link dibawah ini:

Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013

Demikian saja dari ihwal Contoh Format Catatan Harian Dalam Penilaian PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013 ibarat pada gambar diatas, biar bisa memperlihatkan manfaat untuk anak didik kita generasi penerus bangsa.

No comments:

Post a Comment