Sunday, 3 February 2019

Jadi Berilmu Buku Guru Dan Siswa Pai Kebijaksanaan Pekerti Sd Mi Kelas 4 Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa PAI Budi Pekerti SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai standar kompetensi (SK) sebagai teladan dalam membuatkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap kelas atau acara (PP No. 32/2013, pasal 1, ayat 13).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD ialah referensi untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran(PP No. 32/2013, pasal 1, ayat 14). Perubahan sikap dalam pengamalan fatwa agama dan kebijaksanaan pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini ialah untuk memperlihatkan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan Orang renta penerima didik.

Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budayaa Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya kontribusi dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami sanggup dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas menyerupai di Mushalla, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah. Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalam agama islam bagi penerima didik dan membentuk budaya Islami di sekolah.

Oleh alasannya ialah itu, perembesan metode penyesuaian dan keteladanan mutlak di perlukan seperti: tadarus al-Qur'an , doa sebelum pembelajaran dimulai, shalat dhuha, shalat Zuhur berjamaah, PHBI, zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.

  1. Bacalah bab pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
  2. Setiap pelajaran berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi guru dengan Orang tua
  3. Pada sub pelajaran tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
  4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memerhatikan kolom-kolom atau rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran, sehingga perhatian penerima didik menjadi fokus. Kolom-kolom tersebut adalah:
    • Kegiatan: berisi acara yang harus penerima didik lakukan untuk memahami materi.
    • Tugas : berisi latihan bagi penerima didik untuk menuntaskan kiprah tertentu baik berupa hafalan atau menuntaskan soal.
    • Insya Allah saya bisa: sebagai tantangan supaya penerima didik bisa melakukannya.
    • Ayo berlatih: untuk mengukur penguasaan penerima didik terhadap materi yang dibahas.
    • Rubrik nyanyian dan tepuk tangan Islami: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan penerima didik.
  5. Guru perlu membaca, memahami dan membuatkan pesan kunci yang tertulis pada regulasi terkini menyerupai PP No. 32 tahun 2013 dan Permendikbud terkait Kurikulum 2013.

Buku Guru
Buku Siswa

Dalam pelaksanaannya di sekolah sangat mungkin dilakukan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi penerima didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment