Sunday 24 February 2019

Jadi Pintar Teladan Rpph Kb-A 2-3 Tahun Ahad 1-8 Semester 2 Kurikulum 2013


Seperti biasa saya ikut mengembangkan banyak sekali perangkat pendidikan. Kali ini saya akan membagikan contoh RPPH Kelompok Bermain (KB) kelas A Semester 2 Minggu ke 1 - 8 sesuai Kurikulum 2013 PAUD terbaru yakni Permendikbud 146 Tahun 2014, perihal Kurikulum 2013 PAUD yang sanggup bapak ibu download dalam format microsoft word yang sanggup di edit dengan mudah.

Berdasarkan Permendikbud 146 tahun 2014 di atas, disebutkan bahwa standar jam mencar ilmu KB (anak PAUD usia 2-4 tahun) minimal yaitu 360 menit dalam satu minggu! Sehingga jikalau jam mencar ilmu Kelompok Bermain yaitu 3 x 1 ahad dengan setiap pertemuan 2 jam = 120 menit. Silahkan baca klarifikasi Standar Jam Belajar PAUD Kurikulum 2013.

Karena KB melaksanakan acara mencar ilmu selama tiga kali dalam seminggu, maka RPPH juga dibentuk untuk hari 1,2, dan 3 per minggunya. Dan berikut ini yaitu RPPH Kelompok Bermain usia 2-3 tahun semester 2 untuk ahad ke-1 hingga ahad ke-8.

rkh rpph kb semester 2 kurikulum 2013 rkh rpph kb tema tumbuhan tanaman rkh rpph kb tema transportasi rkh rpph kb tema hewan contoh rkh rpph kb paud day care pola rkh rpph kb tema hewan pola rkh rpph kb usia 2-3 tahun rkh rpph kb semester 2 ahad 1 2 3 4 5 6 7 8

Dalam RPPH KB-A Semester 2 dari ahad ke 1 - 8 ini mencakup beberapa tema, yakni:
  1. mengambil tema Tanaman dan sub tema Tanaman Hias di Sekolah
  2. mengambil tema Tanaman dan sub tema Pohon Sekitar Sekolah
  3. mengambil tema Tanaman dan sub tema Sayuran
  4. mengambil tema Binatang dan sub tema Ayam
  5. mengambil tema Binatang dan sub tema Sapi
  6. mengambil tema Binatang dan sub tema Ikan
  7. mengambil tema Transportasi dan sub tema Sepeda vs Sepeda Motor
  8. mengambil tema Transportasi dan sub tema Mobil vs Bus

Untuk sanggup memakai pola RPPH Kelompok Bermain (KB) di atas ayah bunda harus download sendiri melalui link tautan yang disediakan di bawah ini. Mohon untuk mengedit RPPH ini menyesuaikan visi misi sekolah dan juga budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar bapak ibu berada.

Jika terjadi ketidaksamaan antara format RPPH satu sekolah dengan sekolah lainnya maka itu masuk akal dan diperbolehkan. Silahkan desain format RPPH sekreatif dan semenarik mungkin sebab RPPH formatnya tidak harus baku akan tetapi memuat 7 komponen RPPH yaitu: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) acara pembukaan, (5) acara inti, (6) acara penutup, dan (7) rencana penilaian.

Berikut ini yaitu link tautan download RPPH KB-A Minggu 1 s/d 8 Semester 2 (genap), file-nya ada pada masing-masing nomor ya. Silahkan Download RPPH KB 2-3 Tahun Melalui Link Tautan di bawah ini:

Minggu_01 - Tanaman Hias di Sekolah
Minggu_02 - Pohon Sekitar Sekolah
Minggu_03 - Sayuran
Minggu_04 - Ayam
Minggu_05 - Sapi
Minggu_06 - Ikan
Minggu_07 - Sepeda vs Sepeda Motor
Minggu_08 - Mobil vs Bus

RPPH ini sanggup dipakai oleh Kelomok Bermain (KB) dan Taman Pendidikan Anak (TPA) dan sejenisnya. Semoga bermanfaat!

Referensi: http://paudjateng.xahzgs.com

No comments:

Post a Comment