Thursday 12 September 2019

Jadi Arif Pelabuhan Branta Pesisir Sarana Ekonomi Multi Fungsi


Dermaga Branta Pesisir merupakan sebuah pelabuhan yang mungkin anda sudah tahu, dengan panjang mencapai 1 kilometer lebih dari pantai. Pembangunan dermaga ini dilakukan tiga tahap dengan menelan biaya mencapai Rp. 94 Milyar. Dan dibutuhkan pelabuhan ini nantinya menjadi alat transportasi alternatif warga Pamekasan yang hendak bepergian menuju Probolinggo dan sebaliknya. Juga untuk dijadikan sebagai alat bongkar muat barang, walaupun ketika ini belum memadai alasannya kedalaman maritim masih kurang untuk kapal-kapal besar. Jadinya kapal besar dengan muatan mencapai puluhan ribu tidak dapat sepenuhnya bersandar di pelabuhan ini.

Pembangunan Pelabuhan Pesisir Pantai Branta, Kecamatan Tlanakan ini merupakan upaya penyempurnaan. Sebelumnya, pemkab Pamekasan bersana Pemkab Probolinggo sudah pernah melaksanakan uji coba pelayanan pelayaran penyeberangan cepat Pamekasan - Probolinggo itu pada 17 Februari 2008. Ketika itu, agenda pelayanan dari Pamekasan (Pelabuhan Branta) menuju Probolinggo (pelabuhan Tanjung Tembaga) tiga kali dalam seminggu, ialah setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu.

Karena tidak ada peminat, akhir akomodasi yang belum memadai, maka operasi pelayaran Pamekasan-Probolinggo itu karenanya dihentikan, sehingga ketika ini hanya ada aktifitas bongkar muat barang saja. Dan alasannya terminal barang belum selesai, jadinya dermaga ini hanya aktif digunakan bongkar muat garam saja.

Saat ini dermaga branta pesisir menjadi multi fungsi bagi masyarakat sekitar. Selain untuk bongkar muat barang, juga menjadi kawasan sandar bahtera para nelayan desa branta pesisir, dan tak kalah pentingnya nih juga menjadi kawasan wisata memancing, rugi jikalau anda tidak memancing disini,. Bahkan ada layanan penyewaan bahtera dengan harga sewa per-24 jam berkisar Rp. 500.000 - 1.500.000 tergantung ukuran perahu.

Dermaga / Pelabuhan Branta bukan kawasan ikan besar alasannya masih termasuk maritim dangkal. Akan tetapi alasannya tempatnya yang asyik dan nyaman, menjadi sangat cocok untuk bersantai ria sambil memancing, biasanya yang ramai waktu malam hari alasannya termasuk kawasan strategis untuk mancing cumi. Tapi bawa pancing sendiri ya alasannya tidak ada pelayanan penyewaan alat pancing di kawasan ini.

No comments:

Post a Comment