Tuesday 1 October 2019

Jadi Bakir Studies On Learning Mathematical Sciences


Kajian Tentang Pembelajaran Ilmu Matematika. Belajar ialah proses dimana tingkah laris ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Menurut pengertian ini, berguru merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Juga sanggup diartikan sebagai suatu keadaan atau suatu acara untuk membuat suatu situasi yang bisa mendorong siswa untuk belajar.

Dalam pembelajaran diharapkan adanya interaksi berguru mengajar antara guru dan siswa. Belajar mengajar sebagai suatu proses perlu direncanakan secara sistematis oleh guru. Untuk merencanakan suatu proses berguru mengajar yang sesuai sehingga sanggup merangsang minat siswa untuk belajar, maka seorang guru harus mempunyai metode berguru yang sempurna dalam mengajar.

Pembelajaran ialah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses berguru siswa, yang berisi serangakaian tragedi yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mendukung dan menghipnotis terjadinya proses berguru siswa yang bersifat internal. Istilah pembelajaran sering dipahami sama dengan proses berguru mengajar dimana di dalamnya terjadi interaksi guru dan siswa serta antar siswa untuk mencapai suatu tujuan yaitu terjadinya perubahan perilaku dan tingkah laris siswa.

Pembelajaran berupaya mengubah masukan berupa siswa yang belum terdidik menjadi siswa yang terdidik, siswa yang belum mempunyai pengetahuan perihal sesuatu menjadi siswa yang memilki pengetahuan. Dengan demikian proses berguru mengajar bukan hanya berputar pada guru melainkan siswa harus dilibatkan dalam proses berguru mengajar, dimana guru menjadi fasilitator dalam perjuangan membelajarkan siswa.

Matematika ialah pengetahuan perihal daypikir logik dan berafiliasi dengan bilangan. Karena itu matematika sangat diharapkan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK sehingga matematika perlu dibekalkan kepada setiap siswa semenjak SD.

Salah satu faktor pendukung berhasilnya proses berguru mengajar matematika ialah menguasai teori berguru matematika yang sanggup diterapkan oleh guru apabila sudah mempunyai metode berguru mengajar yang tepat, sehingga pengajaran yang akan dicapai sanggup diubahsuaikan dengan kemampuan siswa.

Dari uraian di atas disimpulkan bahwa pembelajaran matematika ialah upaya yang dilakukan guru untuk membuat kondisi berguru siswa yang memungkinkan siswa berguru matematika secara optimal.Kondisi yang diciptakan oleh guru dalam pembelajaran diharapkan sanggup merangsang minat berguru siswa dalam mencari pengalaman berguru matematika yang menyenangkan, sehingga mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika.

Adapun tujuan dari pembelajaran matematika ialah :

  1. Mempersiapkan siswa semoga sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang.
  2. Mempersiapkan siswa semoga sanggup memakai matematika dan contoh pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari banyak sekali ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment