Monday 11 February 2019

Jadi Bakir Panduan Pendidik Paud Tk Ra Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Terbaru


Panduan Pendidik PAUD Taman Kanak-kanak RA Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Terbaru. Anak usia dini merupakan individu yang mempunyai karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya. Pada ketika ini sedang mengalami perkembangan otak yang sangat pesat dan dikatakan dengan masa emas  (golden ages)sampai 80 %. Masa ini tidak akan terulang lagi. Oleh  itu, sebab dukungan rangsangan pendidikan pada usia dini yang sempurna sangat diharapkan untuk memastikan bahwa setiap anak mencapai perkembangan yang optimal sehingga mereka mempunyai landasan yang berpengaruh untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

Pendidik PAUD sebagai ujung tombak yang bertanggungjawab dalam pembelajaran diharapkan bisa merancang, melakukan dan mengevaluasi kegiatan yang melibatkan seluruh aspek perkembangan sehingga tercapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal.

Buku Panduan Ini Digunakan Untuk Memberikan Acuan Bagi Pendidik PAUD dan Pihak Terkait:
  • Memberikan wawasan bagi pendidik dan atau pengasuh PAUD wacana kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Memberi pola cara menyebarkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Memberi pola dan klarifikasi yang memandu pendidik dan atau pengasuh untuk sanggup melakukan kegiatan pembelajaran di PAUD khususnya usia 5-6 tahun.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi. Proses pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk tecapainya  kompetensi perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan yang melibatkan 6 aspek perkembangan secara terpadu. Kompetensi dibedakan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai berikut:

A. Kompetensi Inti


Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada simpulan layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.

Kompetensi Inti mencakup:
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti perilaku sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

B. Kompetensi Dasar


Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman berguru yang mengacu pada Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap aktivitas pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
  1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar perilaku spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1.
  2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar perilaku sosial dalam rangka menjabarkan KI-2.
  3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3.
  4. Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4

C. Yang harus diperhatikan dalam pembelajaran PAUD


  1. Karakteristik cara berguru anak usia
  2. Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD
  3. Pendekatan Tematik Terpadu
  4. Pendekatan Saintifik di PAUD
  5. Sumber Belajar

D. Perencanaan pembelajaran PAUD


  1. Alur Perencanaan Pembelajaran
  2. Tahapan Penyusunan Program Pembelajaran PAUD

E. Pelaksanaan pembelajaran


  1. Tahapan Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Metode Pembelajaran
  3. Model Pembelajaran
  4. Puncak Tema

F. Penilaian


  1. Pengertian Penilaian
  2. Tujuan Penilaian
  3. Teknik-teknik Penilaian
  4. Prosedur Penilaian
  5. Pola Penulisan Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA)
  6. Teknik Penyampaian Hasil Penilaian
  7. Contoh Format LPPA
  8. Petunjuk Mudah Pengisian LPPA

Selain itu, dalam panduan ini juga terdapat Contoh lengkap RPPM dan RPPH dalam 4 model / tema pembelajaran.
  1. Tema Diriku; Identitasku, Tubuhku, Kesukaanku
  2. Tema Keluargaku; Anggota keluargaku, Profesi anggota keluargaku
  3. Lingkungan; Rumahku, Sekolahku
  4. Binatang; Binatang di air, Binatang di darat, Binatang bersayap, Binatang hutan

Selengkapnya serahkan kepada anda untuk mengunduh file lengkap pada link di bawah ini:

Panduan Pendidik PAUD Taman Kanak-kanak RA Pembelajaran Kurikulum 2013 Terbaru

Referensi: http://paudjateng.xahzgs.com

No comments:

Post a Comment