Monday 11 February 2019

Jadi Pintar Pedoman / Panduan Model Pembelajaran Paud Tk Ra Kurikulum 2013


Pedoman / Panduan Model Pembelajaran PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013. Setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. Berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Pemenuhan kebutuhan dasar dan pendidikan serta keuntungannya haruslah memadai. Berbekal hal tersebut seorang anak kelak sanggup membangun dirinya menjadi insan mempunyai kegunaan baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.

Setiap anak tentu telah dibekali potensi yang luar biasa semenjak kecil. Potensi-potensi itu harus dikembangkan dan digali dengan cara santunan stimulasi yang sesuai. Oleh lantaran itu, sebaiknya setiap anak berhak mendapat kesempatan untuk mengembangkan talenta yang dimilikinya sesuai dengan minatnya tanpa adanya unsur-unsur paksaan di luar dirinya.

Secara umum tujuan pendidikan anak usia dini ialah mengembangkan banyak sekali potensi anak semenjak dini sebagai persiapan untuk hidup dan sanggup beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun tujuan penyusunan buku ini ialah sebagai pola bagi pendidik PAUD biar sanggup mengimplementasikan dan mengembangkan model-model pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran di PAUD.

Pembelajaran inovatif: merupakan bentuk pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan sanggup memfasilitasi perkembangan dan kebutuhan anak. Bentuk pembelajaran inovatif menggabungkan atau mengkolaborasikan beberapa aspek penting yang sanggup memperkaya isi pembelajaran menjadi suatu yang baru.

Model Pembelajaran: suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak.

Pembelajaran Terpadu: proses pembelajaran dengan melibatkan/ mengaitkan banyak sekali bidang studi. Pemilihan model keterpaduan dalam pembelajaran diubahsuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik dari konsep ilmu yang akan dipelajari, karakteristik siswa serta kebermaknaan bagi siswa.

Pengembangan pembelajaran merupakan sebuah proses yang berkelanjutan, yang dituangkan dalam bentuk penyusunan agenda semester, agenda planning aktivitas mingguan (RKM), dan planning aktivitas harian (RKH), yang diubahsuaikan dengan model pembelajaran yang dipakai dan karakteristik tumbuh kembang anak.

Buku ini menguraikan wacana pengembangan model pembelajaran di PAUD dan beberapa contoh pelaksanaan model pembelajaran untuk dijadikan pola dalam melakukan pembelajaran di PAUD, namun pendidik sanggup mengembangkan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.

Selain itu, isi buku panduan model pembelajaran PAUD ini sebagai berikut:
  1. Pengertian Pembelajaran
  2. Prinsip-Prinsip Pembelajaran
  3. Pembelajaran Terpadu di PAUD
  4. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kelompok
  5. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sudut
  6. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Area
  7. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sentra
  8. Perencanaan Semester
  9. Perencanaan Bulanan
  10. Perencanaan Mingguan
  11. Perencanaan Harian

Begitulah dari sekedar menyebarkan wacana Model Pembelajaran PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013 yang selengkapnya sanggup di unduh pada link di bawah ini:

Pedoman Model Pembelajaran PAUD Taman Kanak-kanak RA Kurikulum 2013
Referensi: http://paudjateng.xahzgs.com

No comments:

Post a Comment