Sunday 24 February 2019

Jadi Akil 6 Tips Atau Cara Mengatasi Dan Mengendalikan Emosi Berdasarkan Islam


Sikap Emosional ialah perilaku yang sering kali menciptakan seseorang menjadi salah dalam menetapkan sesuatu didalam problematika kehidupannya. Seseorang yang emosional cenderung akan menjawab segala permasalahan dengan amarahnya. Seolah-olah hanya dengan perilaku emosi semua hal akan sanggup  teratasi dan terselesaikan di dalam menjalani hidup ini. Hal semacam itu ialah merupakan cara yang sangat keliru, lantaran perilaku yang emosional akan menciptakan terhambatnya seseorang untuk mengambil pesan yang tersirat dari proses hidup yang dijalani.

Berikut beberapa tips / cara mengatasi dan mengendalikan saat sedang emosi:

1. Meyakini bahwa setiap kasus ataupun kesulitan yang kita hadapi ialah merupakan bentuk ujian yang diberikan oleh Allah Swt kepada setiap hambaNya untuk memilih siapa yang terbaik amal perbuatannya di antara kita. Sebab intinya insan diciptakan ialah untuk diuji. Sebagaimana Allah Swt telah berfirman : "Dialah Allahyang menimbulkan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kau yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS. Al-Mulk : 2)

2. Menyadari bahwa segala hal duduk kasus atau permasalahan yang diselesaikan dengan sikap emosional tidak akan memperlihatkan hasil yang positif. Justu akan memperlihatkan hasil yang negatif yang sering kali memanjakan diri dengan fatwa penuh kebencian, kekesalan, ataupun kemarahan.

3. Bersabar terhadap segala kondisi yang sedang dialami. Karena kesabaran akan menciptakan seseorang sanggup berfikir dengan jernih dan bisa mengambil suatu tindakan yang lebih bijak. Setelahkesabaran telah mendamaikan diri dan sanggup terkendali sepenuhnya, kita pun bisa memikirkan suatu cara yang bisa memperlihatkan solusi.

4. Mempercerdas emosi yang salah satu caranya ialah dengan menyingkirkan amarah ataupun aura-aura sejenisnya yang intinya tidak mendukung dan justru menjerumuskan seseorangkepada hal yang salah.

5. Wajah berseri, pancaran wajah sangatlah penting. Pancaran wajah ialah merupakan cerminan yang bisa terlihat sesuai dengan kondisi yang sedang dialaminya. Sungguh sangatlah berbeda pancaran wajah dari orang yang sedang emosi yang terlihat angker (tidak yummy dipandang) dibandingkan dengan orang yang sedang senang yang terlihat berseri. Oleh lantaran itu, perlihatkanlah pancaran wajah yang berseri lantaran hal itu merupakan salahsatu amalan yang sangat baik.

Sebagaimana Rasulullah Saw pernah bersabda : Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu ia berkata, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : "Sesungguhnya kalian tidak akan cukup memberi insan dengan harta kalian tetapi kalian akan cukup memperlihatkan kepada mereka dengan wajah yang berseri dan budpekerti yang baik." (Riwayat Abu Ya’la. Hadits shahih berdasarkan Hakim).

6. Mencari solusi terbaik dengan penuh pertimbangan yang maksimal dan nantinya sanggup memperlihatkan hasil baik.

Demikian tips atau cara mengatasi emosi berdasarkan syariat islam, biar bermanfaat...

No comments:

Post a Comment