Saturday 10 August 2019

Jadi Bakir Perhatian Blog Dengan Https Harus Submit Ulang Di Search Console


HTTPS Hypertext Transfer Protokol Secure merupakan adonan HTTP dengan SSL (Secure Socket Layer) yang kalau komunikasi melalui HTTPS akan dienkripsi dan analisa yang berfungsi untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS yakni untuk mengantisipasi terjadinya eror kegiatan sebuah data dan kerusakan server tanggapan kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab.

Cara kerja hacker untuk membajak sebuah file dokumen biasa nya memakai tool wireshak, ketika tool ini terkoneksi ke internet maka protokol HTTP akan gampang untuk di jebol pertahanan keamanan nya. Berbeda dengan sistem HTTPS, tool yang dipakai tidak akan bisa menembus keamanan dari sebuah dokumen dengan memakai protokol HTTPS.

Nah, beberapa waktu yang kemudian sesudah mengalikan eksistensi .com ke .co.id untuk indonesia, blogspot menambahkan fitur https gratis untuk blog yang tidak memakai custom domain alias masih memakai subdomain blogspot. bayangkan kalau anda membeli pribadi SSL ini bisa mencapai angka ratusan ribu bahkan jutaan ruriah.

Namun, banyak sekali duduk perkara muncul dengan mengaktifkan fitur HTTPS ini di blogspot ibarat errornya blog lantaran tidak terbacanya script yang memakai HTTP dan error yang lain.

Sekarang muncul duduk perkara lagi di Search Console / Google Webmaster. Setelah aku mengaktifkan HTTPS untuk blog ini, ketika mau submit url artikel / postingan muncul peringatan warna kuning bahwa blog dialihkan (seperti gambar diatas). Saya mulai bertanya-tanya ada apa ini dan kenapa? sebelumnya aku tidak menduga ini duduk perkara HTTPS yang akibatnya aku konsultasi ke dokternya blog yakni mas Adhy Suryadi admin blog kompiajaib.com yang menurutnya blog yang mengaktifkan HTTPS harus submit ulang di Search Console. Saya ikuti saran ia dan akibatnya hingga kini pun kondusif dan nyaman ketika submit url postingan.

Itulah dongeng aku untuk anda pengguna blogspot supaya bermanfaat.

No comments:

Post a Comment