Tuesday, 19 January 2021

Lebih Cerdik Cara Entry Data Update Dapodikmen Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2014/2015

Sahabat Operator Dapodikmen di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015 yang berbahagia…

Berikut info penting terkait proses entry, pengelolaan, hingga sinkronisasi via aplikasi Dapodikmen untuk jenjang pendidikan SMA/SMK yang diketahui oleh Kasubag Data dan Informasi, Setditjen Dikmen, Bpk. Arie Wibowo Khurniawan yang disampaikan kepada seluruh Rekan-rekan Operator Dapodikmen di seluruh Indonesia sebagai berikut :

Pada ketika ini acuan Semester Genap 2014/2015 telah diaktifkan, maka sekolah sanggup melaksanakan update untuk sanggup login dan melaksanakan proses periodikal pada semester genap 2014/2015. Langkah-langkah yang harus dilakukan yakni sebagai berikut:

1.   Login pada semester ganjil 2014/2015 lalu melaksanakan validasi dan sinkronisasi.
2.   Setelah tamat sinkronisasi, logout/keluar dari aplikasi lalu lakukan refresh (CTRL + F5).
3.   Silahkan login ke semester genap 2014/2015, lalu melaksanakan proses update data:


a) Update Data Sekolah

Lakukan update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.

b) Update Data Sarpras (Sarana dan Prasarana)

Lakukan update data sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data kondisi ruangan di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “Salin semua data periodik”.

Fungsi tombol ini akan menyalin data isian kondisi ruangan yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Sarpras meliputi: data sarana, buku dan alat.

c) Update data PTK (Pendidik dan Tenaga 
    Kependidikan)

Lakukan update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data penugasan di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “Salin penugasan”.

Fungsi tombol ini akan menyalin data isian penugasan PTK yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan setersunya hingga dengan data riwayat jabatan fungsional.

d) Update Data PD (Peserta Didik)

Lakukan update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “Salin Data Periodik”.

Fungsi tombol ini akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta Didik meliputi: data prestasi, beasiswa.

e) Update Data Rombongan Belajar

Lakukan update data Rombongan Belajar, pada semester genap maka data rombongan mencar ilmu akan kembali kosong. Silahkan masuk sajian “Lanjutkan Semester”  dan lakukan proses lanjutkan semester untuk seluruh rombongan belajar. Secara teknis sehabis diklik sajian “Lanjutkan Semester” maka ditampilkan form lanjutkan semester, pilih salah satu rombel dan klik tombol “Simpan dan Tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh Rombel.

Apabila pada semester genap terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap Rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan mekanisme mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel usang lalu dimasukkan ke Rombel yang baru.

f) Validasi dan Sinkronisasi

Setelah semua proses update data di aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya yakni melaksanakan Update data yang ada di administrasi Dapodikmen (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id), yaitu dengan cara melaksanakan Validasi dan Sinkronisasi.

Proses sinkronisasi juga sanggup dilakukan secara bertahap, contohnya sehabis melaksanakan update data identitas sekolah lalu sinkronisasi, dilanjutkan update data sarpras lalu sinkronisasi dan seterusnya.

Akhirnya selamat melaksanakan update ke semester genap 2014/2015, dan tetap semangat.

Demikian info terkait proses update data Dapodikmen pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015. Ingat Sahabat…, ketika ini versi terbaru s.d. bulan Februari 2015 aplikasi Dapodikmen memakai v.8.0.3. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data...!

No comments:

Post a Comment