Sunday 7 February 2021

Lebih Bakir Struktur Jjm Kurikulum Ktsp 2006 Sma/Ma - Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Perihal Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Berikut struktur kurikulum 2006 KTSP untuk jenjang SMA/MA yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2006 wacana Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Struktur kurikulum SMA/MA mencakup substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X hingga dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun menurut standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan kegiatan umum yang diikuti oleh seluruh penerima didik, dan kelas XI dan XII merupakan kegiatan penjurusan yang terdiri atas empat program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa, dan (4) Program Keagamaan, khusus untuk MA.

a.   Kurikulum SMA/MA Kelas X

1)   Kurikulum SMA/MA Kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri ibarat tertera pada Tabel 4. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk berbagi kompetensi yang diubahsuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sanggup dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan menunjukkan kesempatan kepada penerima didik untuk berbagi dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap penerima didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang sanggup dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan dilema diri langsung dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir penerima didik.

2)   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per ahad secara keseluruhan.

3)   Alokasi waktu satu jam pembelajaran yakni 45 menit.
4)   Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) yakni 34-38 minggu.

Struktur Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas X
Komponen
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A. Mata Pelajaran


    1. Pendidikan Agama
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
    5. Matematika
4
4
    6. Fisika
2
2
    7. Biologi
2
2
    8. Kimia
2
2
    9. Sejarah
1
1
    10. Geografi
1
1
    11. Ekonomi
2
2
    12. Sosiologi
2
2
    13. Seni Budaya
2
2
    14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
    15. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
    16. Keterampilan /Bahasa Asing
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
38
38
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

b. Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII

1)   Kurikulum SMA/MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS, Program Bahasa, dan Program Keagamaan terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secara berturut-turut disajikan pada Tabel 5, 6, 7, dan 8.  Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk berbagi kompetensi yang diubahsuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sanggup dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan menunjukkan kesempatan kepada penerima didik untuk berbagi dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap penerima didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang sanggup dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan dilema diri langsung dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir penerima didik.

2)   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per ahad secara keseluruhan.
3)   Alokasi waktu satu jam pembelajaran yakni 45 menit.
4)   Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) yakni 34-38 minggu.

JJM Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas XI dan XII kegiatan IPA
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran




    1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
    5. Matematika
4
4
4
4
    6. Fisika
4
4
4
4
    7. Kimia
4
4
4
4
    8. Biologi
4
4
4
4
    9. Sejarah
1
1
1
1
    10. Seni Budaya
2
2
2
2
    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan
2
2
2
2
    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    13. Keterampilan/ Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

JJM Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas XI dan XII kegiatan IPS
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran





    1. Pendidikan Agama

2
2
2
2

    2. Pendidikan Kewarganegaraan

2
2
2
2

    3. Bahasa Indonesia

4
4
4
4

    4. Bahasa Inggris

4
4
4
4

    5. Matematika

4
4
4
4

    6. Sejarah

3
3
3
3

    7. Geografi

3
3
3
3

    8. Ekonomi

4
4
4
4

    9. Sosiologi

3
3
3
3

    10. Seni Budaya

2
2
2
2

    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan

2
2
2
2

    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2
2
2
2

    13. Keterampilan/Bahasa Asing

2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

JJM Kurikulum 2006 KTSP untuk SMA/MA Kelas XI dan XII kegiatan Bahasa
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran




    1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
5
5
5
5
    4. Bahasa Inggris
5
5
5
5
    5. Matematika
3
3
3
3
    6. Sastra Indonesia
4
4
4
4
    7. Bahasa Asing
4
4
4
4
    8. Antropologi
2
2
2
2
    9. Sejarah
2
2
2
2
    10. Seni Budaya
2
2
2
2
    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan
2
2
2
2
    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    13. Keterampilan
2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

JJM Kurikulum 2006 KTSP untuk MA Kelas XI dan XII Program Keagamaan
 Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran




    1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
    4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
    5. Matematika
4
4
4
4
    6. Tafsir dan Ilmu Tafsir
3
3
3
3
    7. Ilmu Hadits
3
3
3
3
    8. Ushul Fiqih
3
3
3
3
    9. Tasawuf/ Ilmu Kalam
3
3
3
3
    10. Seni Budaya
2
2
2
2
    11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
          Kesehatan
2
2
2
2
    12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    13. Keterampilan
2
2
2
2
B. Muatan Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
38
38
38
38
2 *) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
**) Ditentukan oleh Departemen Agama

Download selengkapnya Permendiknas No. 22 Tahun 2006 wacana Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… ...!

No comments:

Post a Comment