Saturday 10 August 2019

Jadi Berilmu Model Evaluasi Siswa Kurikulum 2013 Untuk Sma Ma Smk


Model Penilaian Siswa format PDF untuk Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan dan yang sederajat. Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki penerima didik yang telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu.

Gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

baca:
Download KI KD Sekolah Menengan Atas MA semua mapel
Model dan teladan pengembangan diri Sekolah Menengan Atas MA

Penilaian Autentik


  1. Dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
  2. Meliputi ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
  3. Menilai kesiapan, proses, dan hasil berguru penerima didik secara utuh.
  4. Relevan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran.
  5. Bentuk evaluasi autentik antara lain projek dan portofolio.

Teknik Penilaian


  1. Penilaian kompetensi sikap. Meliputi: Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik, Jurnal.
  2. Penilaian kompetensi evaluasi mencakup Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan.
  3. Penilaian kompetensi keterampilan mencakup Tes praktek, Projek, Penilaian portofolio.

Teknik dan Instrumen Penilaian


  1. Penilaian kompetensi perilaku dilakukan melalui observasi, evaluasi diri (self assessment), evaluasi sejawat (peer assessment), dan jurnal.
    • Instrumen observasi, evaluasi diri, dan evaluasi sejawat berupa daftar cek (check list) atau skala evaluasi (rating scale) disertai rubrik. Jurnal berupa catatan guru.
    • Rubrik yakni daftar kriteria yang mengatakan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu.
  2. Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
    • Instrumen tes berupa seperangkat butir soal. Soal tes tulis yang sering dipakai di Sekolah Menengan Atas yakni bentuk pilihan ganda dan uraian.
    • Untuk tes verbal perlu disiapkan daftar pertanyaan yang disampaikan secara pribadi dalam bentuk tanya jawab.
    • Instrumen penugasan berupa kiprah yang sanggup dikerjakan secara individual atau kelompok.
    • Instrumen evaluasi harus memenuhi kaidah substansi (materi), konstruksi, dan bahasa.
  3. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui pengamatan kinerja yang meminta penerima didik mendemonstrasikan kompetensi tertentu, melalui praktik, projek, atau portofolio.
    • Instrumen evaluasi keterampilan berupa daftar cek (check list) atau skala evaluasi (rating scale) disertai rubrik.
    • Projek yakni kiprah yang mencakup acara perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu.
    • Portofolio merupakan kumpulan karya seseorang dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif integratif.

Itulah artikel dari wacana Model Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas mulai dari SMA, MA dan SMK. Silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Model Penilaian Siswa Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Menengan Atas MA SMK

No comments:

Post a Comment